Liputan media sekarang bukan lagi jadi privilege. Siapapun bisa mendapat sorotan asalkan tahu rahasia cara diliput media. Simak ulasannya!
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa liputan media berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai perusahaan.1
Tidak heran, banyak pemilik bisnis berlomba-lomba menarik perhatian media agar bisnisnya diliput.
Masalahnya, tidak semua orang paham cara mendapatkan liputan media.
Haruskah lewat orang dalam?
Perlukah mengundang wartawan?
Atau cukup mengirimkan naskah liputan saja?
Di artikel ini, kami akan membahas cara diliput media yang practical agar bisnis Anda bisa masuk media nasional maupun lokal.
Cara Diliput Media Online untuk Mendapat Eksposur Lebih Luas

Berikut beberapa cara yang bisa bisnis Anda lakukan untuk mendapat kesempatan lebih besar tampil di media:
1. Buat Press Release yang Menarik
Kata “menarik” memang agak klise karena standar menarik bagi setiap orang berbeda-beda, terlebih para jurnalis.
Lantas, bagaimana cara agar kita diliput media dengan press release?
Kuncinya, dapatkan angle unik dalam menyampaikan informasi dan pastikan itu memiliki nilai berita (newsworthy).
Topik yang relevan dengan isu terkini biasanya jadi nilai plus.
Tips penting lainnya: di tengah gempuran AI, berikan pembeda pada konten press release Anda berupa data, fakta, dan kutipan ahli.2
Setelah kontennya siap dan benar-benar menarik, barulah didistribusikan ke media-media.
Jika kesulitan menjangkau media secara langsung, serahkan pada layanan distribusi press release untuk membantu menyebarkan ke banyak media sekaligus.
Berapa biaya publikasi media nasional?
Sangat bervariasi dan tergantung tier medianya. Lewat jasa distribusi, biasanya Anda dikenakan biaya mulai Rp300 ribu sampai Rp2 juta++.
2. Bangun Hubungan dengan Jurnalis Media
Cara diliput media yang kedua yaitu melalui media relations.
Jalin komunikasi personal dengan jurnalis. Namun, usahakan pendekatannya tetap profesional.
Identifikasi jurnalis yang fokus pada industri bisnis Anda, kemudian jalin komunikasi secara berkelanjutan.
Coba ajak ngopi untuk berbagi insight industri, berikan akses informasi eksklusif, bantu mereka mengontak narasumber, dan lakukan pendekatan personal lainnya.3
Sebagai timbal balik, biasanya mereka akan memberikan liputan media untuk bisnis Anda.
3. Gelar Acara Press Conference
Tidak ingin repot berkomunikasi dengan jurnalis satu per satu?
Solusinya: buat acara press conference.
Acara ini memberi Anda kesempatan tatap muka dengan banyak jurnalis untuk menyampaikan informasi penting.
Jurnalis yang diundang boleh bertanya terkait topik yang dibahas sebagai bahan liputan di media mereka masing-masing.

Format ini cocok untuk pengumuman besar seperti peluncuran produk baru, ekspansi bisnis, atau pencapaian signifikan perusahaan.
Dibandingkan press release, penyelenggaraan press conference memang lebih merepotkan lantaran banyak hal yang perlu disiapkan.
Anda bisa mengorganisir sendiri acaranya atau menggunakan jasa agensi profesional seperti Conference.co.id.
4. Adakan Brand Activation yang Menarik Perhatian Publik
Brand activation juga termasuk salah satu cara diliput media yang menurut kami efektif.4
Buktinya, banyak event atau aktivitas dari sebuah brand diliput media karena berhasil menarik banyak massa.

Di mana massa berkumpul, di situ media akan penasaran, dan meliputnya.
Bila Anda tidak cukup yakin media akan datang, undang mereka secara khusus untuk meliput acara tersebut.
Akan tetapi, pastikan acaranya benar-benar berkesan bagi semua orang supaya peluang diliputnya lebih besar.
Beberapa contoh event atau aktivitas yang bisa Anda pertimbangkan antara lain:
- Kegiatan CSR,
- Pop-up experience,
- Kolaborasi dengan influencer,
- Kampanye yang melibatkan user-generated content,
- Seminar dengan pembicara ahli, dll.
Jika mengundang media, siapkan press kit lengkap untuk memudahkan liputan.
5. Tawarkan Konten Thought Leadership Berkualitas
Memposisikan diri sebagai thought leader di industri dapat menarik perhatian media secara organik.5
Caranya, tawarkan konten thought leadership, seperti artikel opini, insight tren industri, atau berbagi expertise lewat podcast.
Publikasikan konten-konten berkualitas tersebut di berbagai saluran, baik owned media maupun shared media.
Ketika Anda diakui sebagai otoritas di bidang tertentu, media pasti tertarik untuk meliput perspektif dan pandangan Anda.
Contohnya:
Cisco merilis laporan tahunan tentang AI bertajuk Cisco AI Readiness Index.6
Dari laporan tersebut, banyak media membuat liputan dengan sudut pandang mereka masing-masing.

Akan tetapi….
Cara diliput media lewat thought leadership tidaklah mudah.
Bisnis Anda harus diakui dulu sebagai thought leader. Jika tidak, media-media mungkin akan mengabaikan konten Anda.
6. Optimalkan Kampanye Digital di Media Sosial
Selanjutnya, dapatkan publikasi media online gratis dari postingan media sosial Anda yang viral.
Ya, belakangan banyak berita-berita di media online mengutip postingan viral pengguna media sosial.

Kenapa begitu, ya?
Apakah jurnalis mulai enggan meliput langsung ke lapangan?
Faktanya, dalam beberapa tahun terakhir, media sosial memang telah menjadi salah satu sumber informasi bagi jurnalis ketika mereka butuh ide berita.7
Kecepatan dan akses instan ke opini publik yang ditawarkan media sosial menjadikannya bagian sentral dari praktik jurnalisme modern.
Jadi, penting untuk membuat kampanye-kampanye digital di media sosial yang berpotensi mendatangkan liputan media.
Dengan strategi yang tepat, aktivitas media sosial bisnis Anda bisa jadi pemicu liputan media yang lebih luas.
7. Gunakan Jasa Liputan Media PR Agency
Jalan pintas dari berbagai opsi cara diliput media tadi adalah dengan menggandeng PR agency.
Anda tidak perlu repot mengurus sendiri komunikasi dengan media karena agensi biasanya sudah punya jaringan dengan media-media.
Selain itu, PR agency juga cenderung lebih berpengalaman dalam mengemas angle berita. Ini cukup efektif membantu strategi komunikasi secara menyeluruh.
Yang terpenting, komunikasikan semua secara clear dengan pihak agensi agar pesan yang disampaikan selalu selaras dengan nilai dan tujuan bisnis Anda.
Dapatkan Liputan Media dengan Cara yang Sesuai untuk Bisnis Anda!
Cara diliput media ada banyak. Hanya saja, Anda memerlukan strategi yang sesuai dengan karakter bisnis Anda.
Contohnya: bisnis baru mungkin akan sulit jika menginginkan liputan media dari konten thought leadership. Mereka belum percaya.
Cara yang lebih efektif untuk bisnis baru yaitu membangun media relations atau membuat press conference saat peluncuran.
Apapun itu, yang perlu diingat adalah media selalu mencari cerita yang memiliki dampak dan newsworthy.
Sekarang silakan mulai dengan langkah yang sesuai kapasitas bisnis Anda, lalu kembangkan secara bertahap. Eksekusi yang konsisten pasti akan mendatangkan banyak liputan media positif.
Referensi (terakhir diakses pada 17/1/2025):
- Studi tentang pengaruh media exposure pada nilai perusahaan. https://journal.aisyahuniversity.ac.id/index.php/JAA/article/download/PENGUNGKAPAN/582 ↩︎
- Cara menulis press release ala expert. https://www.cision.com/resources/insights/write-news-release/ ↩︎
- Tips membangun media relations. https://www.publikasimedia.com/tips-media-relations ↩︎
- Dampak brand activation untuk bisnis. https://www.dentsu.com/id/en/insights/our-blog/what-is-brand-activation-and-how-does-it-work#:~:text=create%20buzz%20on%20social%20media%20and%20media%20coverage ↩︎
- Cara diliput media lewat thought leadership. https://www.byfounders.vc/insights/steal-provoke-flatter-how-to-get-media-coverage-through-thought-leadership ↩︎
- Laporan tahunan Cisco tentang AI. https://www.cisco.com/c/dam/m/en_us/solutions/ai/readiness-index/2024-m11/documents/cisco-ai-readiness-index.pdf ↩︎
- Jurnalis makin sering mengutip media sosial. https://en.ejo.ch/research/journalists-quote-social-media-content-ever-more-frequently ↩︎